World Cleanup Day (WCD) adalah aksi bersih – bersih yang dilaksanakan serentak di 191 negara di dunia, termasuk Indonesia, dengan tujuan menyatukan umat manusia dari berbagai budaya, agama, suku, dan ras untuk membersihkan dunia dari permasalahan sampah. Aksi ini merupakan perwujudan peningkatan kepedulian terhadap permasalahan sampah serta menjadi sarana memupuk nilai cinta kasih terhadap masa depan Bumi. World Cleanup Day (WCD) diperingati setiap tahunnya pada bulan September untuk mengingatkan kita semua, Bangsa Indonesia, bahwa persoalan sampah menjadi perhatian utama yang melibatkan seluruh komponen masyarakat dalam pengelolaannya. Saat ini isu sampah telah menjadi permasalahan nasional sehingga pengelolaannya tidak hanya dilakukan di TPA, akan tetapi dilakukan secara komprehensif dan terpadu dari hulu ke hilir agar memberikan manfaat ekonomi, sehat bagi masyarakat, aman bagi lingkungan serta mengubah perilaku masyarakat. Kegiatan WCD ini merupakan salah satu kegiatan yang dapat mendorong peningkatan kepedulian dan perubahan perilaku masyarakat dalam pengelolaan sampah.

Kegiatan WCD tahun 2022 ini dilaksanakan dalam bentuk Aksi Cleanup dan Pilah Sampah di lingkungan masing – masing. Sedangkan tema yang diusung pada Kegiatan WCD tahun 2022 ini yaitu “Kami 13 Juta Menuju Indonesia Bersih dan Bebas Sampah”. Tema ini diangkat sebagai wujud semangat persatuan menuju Indonesia Bersih melalui jaringan leaders, partners, dan seluruh masyarakat dalam kampanye #kami13juta. Diharapkan sebanyak 13 juta relawan atau lima persen dari populasi masyarakat Indonesia dapat turut serta pada aksi tahun ini dan menjadi salah satu bagian dari sejarah aksi gotong royong pungut sampah terbesar di dunia.

Kegiatan WCD Tahun 2022 Tingkat Kabupaten Rembang dilaksanakan melalui rangkaian acara sebagai berikut :

a.     Acara Sarasehan WCD
Hari / tanggal : Jumat, 23 September 2022
Jam : 18.30 WIB s/d selesai
Tempat : Pantai Dasun, Desa Dasun, Kecamatan Lasem
Jumlah Peserta : ± 60 (enam puluh) orang
Yang diikuti oleh OPD, Pemerintah Desa Dasun, Lembaga/Organisasi/Komunitas Penggiat Lingkungan dan Pelaku Seni.
b.     Aksi Bersih Sungai Babagan dan Pantai Dasun
Hari / tanggal : Sabtu, 24 September 2022
Jam : 08.00 WIB s/d selesai
Tempat : Pantai Dasun, Desa Dasun, Kecamatan Lasem
Jumlah Peserta : ± 300 (Tiga ratus) orang
Yang terdiri dari OPD/BUMD/Instansi/Lembaga/Organisasi/ Komunitas Penggiat Lingkungan Se-Kabupaten Rembang, Pelajar Tingkat SMP/MTs/SMA/MA dan segenap masyarakat Desa Dasun Kecamatan Lasem.

Jumlah sampah yang terkumpul pada kegiatan WCD tahun 2022 yaitu sebesar 898 kilogram.

Kami dari Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Rembang selaku leader dalam pelaksanaan kegiatan WCD Tahun 2022 Tingkat Kabupaten Rembang mengucapkan terima kasih dan memberikan apresiasi yang    setinggi – tingginya kepada segenap Pemerintah Desa Dasun Kecamatan Lasem, seluruh peserta, relawan serta stakeholder yang telah ikut hadir dan berpartisipasi aktif dalam kegiatan WCD Tahun 2022 Tingkat Kabupaten Rembang. Semoga kita semua senantiasa diberikan kekuatan dan kemudahan dalam menjaga lingkungan agar tetap lestari demi kelangsungan hidup generasi mendatang. #ads

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *